Beranda | Artikel
Kisah Yajuj dan Majuj
Rabu, 10 Mei 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Kisah Ya’juj dan Ma’juj adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 17 Syawwal 1444 H / 08 Mei 2023 M.

Kajian Kisah Ya’juj dan Ma’juj

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

حَتَّىٰ إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ

“Sehingga apabila dibuka dinding Ya’juj dan Ma’juj, mereka turun dengan cepat dari semua tempat yang tinggi.” (QS. Al-Anbiya[21]: 96)

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj merupakan salah satu tanda dari tanda-tanda kiamat besar.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah berkata kepada para sahabat, ketika mereka sedang berbicara sesama mereka: “Apa yang sedang kalian bicarakan?” Mereka menjawab: “Kami berbicara tentang hari kiamat.” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ – فَذَكَرَ – الدُّخَانَ، وَالدَّجَّالَ، وَالدَّابَّةَ، وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا، وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ…

“Kiamat sesungguhnya tidak akan tegak sampai kalian melihat 10 tanda (besar). Maka beliau menyebutkan: Dukhan, Dajjal, Dabbah, terbitnya matahari dari barat, turunnya ‘Isa bin Maryam ‘Alaihis Salam, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj…” (HR. Muslim)

Hari kiamat adalah hari yang semua kita tidak tahu kapan terjadinya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ ۚ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

“Manusia bertanya kepada engkau (wahai Muhammad) tentang hari kiamat. Katakanlah: ‘Pengetahuannya itu di sisi Allah.’ Dan tahukah engkau, boleh jadi hari kiamat itu waktunya dekat.” (QS. Al-Ahzab[33]: 63)

Dari sini kita tahu bahwa manusia tidak mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Yang tahu hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu ketika Jibril bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kapan hari kiamat terjadi, Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya.”

Lihat: Hadits Arbain Ke 2 – Pengertian Islam, Iman dan Ihsan

Hanya saja ulama menyebutkan tanda-tanda kiamat. Keluaran Ya’juj dan Ma’juj merupakan salah satu dari tanda kiamat besar.

Ya’juj dan Ma’juj adalah dari kalangan manusia. Mereka adalah dua umat besar yang jumlahnya sangat banyak. Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52914-kisah-yajuj-dan-majuj/